5 Makanan Untuk Penderita Polip Usus

Anda Penderita Polip Usus? Ketahui 5 Makanan Untuk Penderita Polip Usus!

Pengertian Polip Usus

Polip usus merupakan kondisi dimana terjadi pengumpulan sel berbentuk benjolan kecil atau tumor pada usus besar. Polip usus dapat terjadi di bagian usus besar manapun. Polip usus dapat dialami oleh semua orang di segala usia. Kebanyakan kasus polip usus tidak berbahaya namun memiliki resiko dapat berkembang menjadi kanker usus besar yang bisa menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani. Terdapat beberapa jenis polip kolon, diantaranya :

Hasil gambar untuk polip usus

  1. Polip adenomatosa. Pada beberapa kasus polip usus, sebagian besarnya adalah polip adenomatosa. Ukuran polip mempengaruhi resiko berkembangnya polip usus menjadi kanker. Hanya sekitar 1 persen dari polip usus berukuran kurang dari 1 cm yang berkembang menjadi kanker usus besar. Sedangkan pada polip usus yang berukuran lebih dari 2 cm 50 persen dapat berkembang menjadi kanker usus.
  2. Polip serata. Yang termasuk jenis ini adalah polip hiperplastik dan polip sessile. Polip hiperplastik seringkali tumbuh pada kolon bagian bawah, berukuran kecil, dan jarang berkembang menjadi kanker. Sedangkan polip sessile kebanyakan tumbuh di bagian atas usus besar dan berbentuk datar, sehingga seringkali sulit terdeteksi. Polip jenis inilah yang paling berpotensi untuk berkembang menjadi kanker.
  3. Polip inflamasi. Polip jenis ini muncul menyertai penyakit kolitis ulserativa atau penyakit Crohn. Polip ini tidak berbahaya, namun kolitis ulserativa dan penyakit Crohn yang mendahului timbulnya polip jenis ini dapat meningkatkan risiko kanker usus besar.

Gejala dan Ciri-ciri Polip Usus

Biasanya penyakit polip usus tidak terlalu menunjukkan gejala, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan skrining. Dengan skrining rutin, kanker usus besar juga dapat terdeteksi sejak stadium awal, sehingga tingkat keberhasilan pengobatan dan tingkat kesembuhannya tinggi. Namun beberapa ciri-ciri berikut ini mungkin dapat mengidentifikasi polip usus :

  • Terdapat darah saat BAB. Kondisi ini merupakan gejala paling umum namun tidak spesifik untuk polip hidung.
  • Kondisi lain seperti ambeien dan kanker usus besar dapat menyebabkan gejala yang sama.
  • Berubahnya siklus BAB. Misalnya menderita konstipasi atau diare selama seminggu atau lebih.
  • Warna feses berubah. Perubahan warna feses diakibatkan oleh darah. Namun perubahan warna tinja juga dapat disebabkan oleh hal lain.
  • Nyeri, mual dan muntah. Polip berukuran besar dapat menyumbat dan mengganggu fungsi usus besar sehingga penderitanya dapat mengalami mual, muntah atau kram perut.
  • Anemia defisiensi besi. Zat besi dibutuhkan tubuh untuk membentuk hemoglobin dalam darah, sehingga darah dapat mengikat oksigen untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Perdarahan kronis akibat polip usus akan menyebabkan zat besi dalam tubuh banyak terpakai untuk pembentukan darah baru terus menerus.

Penyebab Polip Usus

Mutasi genetik yang menyebabkan sel membelah diri dan berkembang secara abnormal yang biasanya menjadi penyebab terbentuknya polip usus. Semakin aktif pertumbuhan sel dan semakin besar ukuran polip maka semakin besar juga resiko penyakit ini menjadi ganas bahkan dapat berkembang menjadi kanker. Adapun beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya polip usus :

  • Usia. Sebagian besar penderita polip usus berusia 50 tahun keatas.
  • Faktor genetik atau turunan. Memiliki keluarga yang mengidap polip usus lebih berisiko terkena penyakit ini.
  • Menderita radang pencernaan misalnya ulseratif atau penyakit Crohn.
  • Menderita penyakit diabetes tipe 2 yang tidak terkontrol.
  • Obesitas dan jarang berolahraga.
  • Terlalu sering merokok dan mengkonsumsi minuman keras.

Apa Saja Makanan Yang Baik & Sehat Untuk Penderita Polip Usus?

1.) Brokoli

Hasil gambar untuk brokoli

Brokoli menjadi salah satu sayuran yang masuk kedalam daftar makanan sehat yang diketahui mampu memerangi risiko polip usus. Brokoli merupakan sumber alami terbaik dari sulforaphane, senyawa yang telah terbukti mampu melindungi usus dari polip. Tidak hanya terdapat sulforaphane, brokoli ternyata juga mampu menginduksi penghancuran sel polip berbahaya yang dikenal dengan istilah ‘apoptosis’. Brokoli biasanya dimakan mentah atau sedikit dimasak untuk memaksimalkan pencegahan pada polip. Menurut sebuah penelitian, memasakh dapat merusak sebanyak 90% sari kandungan sulforaphane yang terdapat dalam brokoli.

2.) Daun Sirsak

Hasil gambar untuk DAUN SIRSAK

Buah sirsak merupakan salah satu buah yang banyak digemari karena kesegarannya, namun berbeda dengan daunnya yang memiliki banyak manfaat masih belum diketahui oleh orang banyak. Daun sirsak memiliki manfaat mengatasi berbagai macam penyakit berbahaya pada pencernaan seperti polip usus yang sudah berkembang menjadi kanker. Hal ini juga ditunjukkan oleh sebuah hasil penelitian bahwa daun sirsak memiliki khasiat dan berpeluang besar mampu menghancurkan sel-sel kanker yang aktif. Selain itu, daun sirsak juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari segala serangan penyakit yang mematikan.

3.) Bayam

Hasil gambar untuk bayam

Sayuran hijau yang satu ini ternyata termasuk kedalam daftar sayuran yang sangat baik untuk sistem pencernaan termasuk dalam pencegahan dan pengobatan penyakit polip usus. Profil gizi bayam membuatnya menjadi sayuran yang penting. Salah satu senyawa yang terkandung dalam bayam yaitu magnesium sangat diperlukan untuk gerakan usus yang tepat. Kekurangan ringan magnesium yang cukup umum di negara-negara Barat, di mana konsumsi makanan olahan umum, pengolahan secara signifikan mengurangi kadar magnesium dari makanan. Juga pertanian intensif, dipraktikkan di banyak negara Barat, menghabiskannya tanah magnesium, sehingga mengurangi kandungan magnesium dari tanaman yang tumbuh di tanah.

4.) Bawang Putih

Hasil gambar untuk bawang putih

Sejak zaman kuno, bawang putih telah digunakan sebagai obat untuk berbagai macam penyakit. Penelitian telah menunjukkan untuk menjadi efektif untuk mempromosikan kesehatan jantung, tapi makan bawang putih secara teratur juga dapat membantu mengurangi risiko kanker usus besar dan pengembangan polip usus prakanker. Sebagian mempromosikan kesehatan efek bawang putih ini telah dikaitkan dengan allicin, senyawa yang bertanggung jawab untuk bau khas bawang putih dan rasanya. Untuk menikmati efek kesehatan-mempromosikan bawang putih, memungkinkan hancur duduk bawang putih selama 10 menit sebelum makan atau memasak – ini daun allicin cukup waktu untuk membentuk setelah menghancurkan.

5.) Kunyit

Hasil gambar untuk kunyit

Kunyit, rempah-rempah yang memberi warna kuning ini, telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Asia untuk mengobati berbagai macam kondisi dan penyakit. Dalam beberapa tahun terakhir, juga pengobatan barat telah mulai lebih memperhatikan tanaman akar yang luar biasa dari keluarga jahe, dan studi menunjukkan kunyit yang dapat membantu mencegah polip usus. Dalam sebuah penelitian, pasien dengan lima atau lebih polip di usus mereka lebih rendah diberikan 480 miligram kurkumin, bahan aktif utama dalam kunyit, tiga kali sehari, bersama-sama dengan 20 miligram quercetin bioflavonoid. Rata-rata jumlah polip pada pasien menurun 60 persen dan rata-rata ukuran polip turun setengah setelah rata-rata enam bulan.

Baca juga : Obat Alami Polip Usus


Jika Anda salah satu penderita penyakit polip usus, Anda dapat mempertimbangkan dan memilih alternatif pengobatan dengan Obat Alami Polip Usus. Penggunaan Obat Alami ini diketahui lebih efektif sebagai alternatif untuk mencegah sekaligus mengobati penyakit polip usus. Selain itu, obat yang terbuat dari bahan alami ini akan sangat aman dikonsumsi karena tidak disertai bahan kimia sedikitpun sehingga tidak akan menimbulkan efek samping bagi penggunanya.

Untuk Mendapatkan Informasi Lengkap Mengenai Obat Alami Polip Usus

Atau pesan langsung  Obat Alami Polip Usus :

Dapatkan layanan bebas konsultasi untuk mendapatkan informasi serta solusi pengobatan keluhan penyakit anda.

best regards,
Ilham Nur Rizki Muharram
Kapsul Gamat Emas Walatra 
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 085261436601 (Tlp/SMS) – 5D55CD3A (BBM)

Kata Pencarian :

    lauk untuk penderita polip usus, makanan untuk penderita radang usus loc:ID, obat kekurangan darah
CS Walatra

CS Walatra

Kami Adalah Stokis Dari Produk Herbal Berkah Walatra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!