6 Cara Alami Ampuh Untuk Mengatasi Cacingan

Anak tidak nafsu makan? Waspada cacingan! Segera atasi dengan 6 Cara Alami Ampuh Untuk Mengatasi Cacingan berikut ini!

6 Cara Alami Ampuh Untuk Mengatasi Cacingan – Cacingan merupakan suatu kondisi penyakit infeksi cacing atau parasit yang tinggal dalam usus manusia. Cacing yang menetap dalam usus inii bertahan hidup dengan mengambil sari-sari makanan yang masuk ke usus. Penyakit cacingan identik dengan anak-anak, karena umumnya penyakit ini banyak diderita oleh anak-anak. Namun, penyakit cacingan juga beresiko pada orang dewasa. Kebersihan yang tidak terjaga atau lingkungan yang kotor dapat menjadi salah satu faktor meningkatnya penyakit cacingan. Jika tidak segera diobati, penyakit cacingan dapat menyebabkan gangguan kesehatan lain yang lebih berat seperti anemia dan cacing dapat mencapai organ tubuh lain seperti hati atau otak yang dapat menimbulkan penyakit yang lebih serius. Penyakit cacingan sering kali dimanifestasikan oleh parasit cacing yang hidup didalam usus baik usus halus ataupun usus besar. Cacing yang umum sekali menyerang pencernaan manusia setidaknya ada empat macam yaitu cacing kremi, cacing gelang, cacing pita, dan cacing tambang.

Gejala Penyakit Cacingan

Hasil gambar untuk sakit perut anak

Gejala penyakit cacingan terkadang samar dan sulit dikenali. Namun berikut ini beberapa gejala yang umum sekali dialami oleh penderita cacingan :

  • Sakit perut
  • Diare
  • Mual
  • Muntah
  • Tidak nafsu makan
  • Penurunan berat badan yang cukup drastis

Pada kasus penyakit cacingan yang sudah parah dan menyerang paru-paru, penderitanya dapat mengalami gejala-gejala yang tidak normal seperti batuk-batuk, sesak nafas, terdapat darah didalam mukus, dada terasa tidak nyaman, mengalami demam.

Penyebab Penyakit Cacingan

Penyebab cacingan pada diri seseorang berbeda-beda tergantung dari jenis cacing apa yang masuk ke dalam tubuh. Beberapa jenis cacing yang paling umum menyebabkan penyakit cacingan pada manusia, yaitu:

1.) Cacing Pita

Cacing pita atau Cestoda, dapat dikenali dari bentuknya yang tampak seperti pita yaitu pipih dengan ruas-ruas pada seluruh tubuhnya. Panjang cacing pita dewasa dapat mencapai 4,5 hingga 9 meter.Cacing pita memasuki tubuh manusia ketika tangan bersentuhan dengan tinja atau tanah yang mengandung telur cacing kemudian terbawa ke dalam mulut ketika sedang makan. Selain itu, cacing pita juga dapat masuk melalui konsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi telur cacing. Konsumsi daging babi, sapi ataupun ikan yang mentah atau dimasak kurang matang juga dapat menyebabkan masuknya cacing pita ke dalam tubuh manusia.

Gambar terkait

2.) Cacing Tambang

Cacing tambang dalam bentuk larva dan dewasa dapat hidup dalam usus halus manusia dan dapat menyerang binatang peliharaan, termasuk kucing dan anjing. Umumnya infeksi cacing tambang terjadi karena bersentuhan dengan tanah di lingkungan hangat dan lembap yang di dalamnya terdapat telur atau cacing tambang.Cacing tambang dewasa dengan panjang sekitar 5-13 milimeter dapat menembus kulit, misalnya melalui telapak kaki yang tidak menggunakan alas, kemudian masuk ke sirkulasi darah dan ikut terbawa ke dalam paru-paru dan tenggorokan. Jika tertelan, maka cacing akan memasuki usus. Infeksi cacing tambang masih umum terjadi di daerah iklim tropis dan lembab dengan sanitasi lingkungan yang buruk, termasuk Indonesia.

3.) Cacing Kremi

Cacing kremi berwarna putih dan halus, dengan panjang sekitar 5-13 milimeter. Infeksi cacing kremi paling banyak dialami oleh anak-anak usia sekolah.Infeksi cacing kremi umumnya disebabkan oleh menelan telur cacing kremi yang sangat kecil secara tidak sengaja. Telur cacing ini sangat mudah menyebar. Bisa melalui makanan, minuman atau jari yang terkontaminasi. Telur cacing kemudian masuk ke usus dan berkembang menjadi cacing dewasa dalam beberapa minggu. Jika telur cacing mencapai anus dan digaruk, maka telur cacing dapat berpindah ke jari, lalu menyentuh permukaan benda atau orang lain.

4.) Cacing Gelang

Cacing ini berukuran cukup besar, dengan panjang sekitar 10 -35 cm. Cacing gelang dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui tanah yang telah terkontaminasi telur cacing. Ketika masuk ke dalam tubuh, telur akan menetas di usus, kemudian menyebar melalui pembuluh darah atau saluran getah bening ke organ tubuh lain seperti paru-paru atau empedu.

Cara Mengatasi Penyakit Cacingan Dengan Alami : 

1.) Kulit Mangga

Gambar terkait

Bahan alami untuk mengobati cacingan pada anak yang pertama adalah kulit buah mangga. Kulit buah mangga dipercaya sebagai salah satu bahan alami yang mampu mengatasi cacingan karena mengandung daya antelmintik. Kandungan antelmintik dalam kulit mangga juga diketahui sangat ampuh membunuh bakteri, kuman, dan larva cacing dalam perut.

Cara mengatasi cacingan dengan kulit mangga :

  • Siapkan kulit buah mangga dan air kurang lebih sebanyak 3 gelas.
  • Masukkan kulit buah mangga ke dalam air, lalu rebus selama 15 menit.
  • Setelah air rebusan terlihat berkurang, angkat dan saring airnya.
  • Minumlah air rebusan kulit mangga tersebut secara rutin.

2.) Wortel

Hasil gambar untuk wortel

Sayuran yang satu ini dikenal dengan kandungan vitamin A yang tinggi. Selain berguna untuk menyehatkan mata, ternyata kandungan vitamin A dalam wortel juga dapat membantu mengatasi masalah cacingan pada anak.

Cara mengatasi cacingan dengan wortel :

  • Siapkan wortel, garam, santan kelapa, dan air secukupnya.
  • Parut wortel yang sudah disediakan, peras dan ambil airnya.
  • Campur dengan santan kelapa dengan perbandingan yang sama banyak.
  • Masukan sedikit garam (jika perlu).
  • Konsumsi ramuan alami ini secara rutin malam hari sebelum tidur.

3.) Bawang Putih

Gambar terkait

Bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengobati cacingan pada anak selanjutnya adalah bawang putih. Bawang putih diketahui sebagai salah satu bahan alami yang ampuh mengatasi penyakit cacingan.

Cara mengobati cacingan dengan bawang putih :

  • Siapkan bawang putih, gula merah, dan akar pepaya.
  • Cuci terlebih dahulu semua bahan yang sudah disiapkan.
  • Potong gula merah menjadi tipis agar mudah dihancurkan
  • Campur dan rebus semua bahan yang sudah disiapkan dalam air sebanyak 600 cc.
  • Biarkan hingga airnya tersisa setengah.
  • Minum air rebusan tersebut selagi hangat dan rutin sebanyak 2 kali sehari.

4.) Buah Delima

Hasil gambar untuk buah delima

Apakah Anda suka makan buah delima? Ternyata buah delima juga bisa menjadi obat yang sangat alami untuk penderita cacingan. Buah delima bisa membantu membersihkan usus dan membuang semua parasit lewat feces. Sebenarnya banyak bagian delima yang bisa digunakan untuk mengobati cacingan seperti bagian buah, biji, akar dan juga batang. Namun jika Anda sulit untuk mendapatkan semua bagian itu maka cukup menggunakan buah delima saja. Anda bisa mencoba untuk membuat jus delima dengan tambahan sedikit air namun tidak menggunakan madu atau gula. Kemudian Anda juga bisa mencoba untuk mengolah kulit delima dengan merebusnya. Minum air rebusan kulit delima selama tiga kali sehari hingga cacingan sembuh.

5.) Minyak kelapa

Gambar terkait

Minyak kelapa merupakan salah satu jenis obat kuno yang sering digunakan untuk merawat cacingan. Pada zaman dahulu minyak kelapa didapatkan secara alami dengan memarut kelapa dan memanggang sehingga mengeluarkan minyak. Kemudian minyak digunakan secara langsung pada bagian anal, sehingga bisa memancing semua cacing keluar dari usus. Namun cara ini sering tidak efektif karena membuat anak rewel dan sulit tidur. Sekarang Anda bisa mencoba untuk menggunakan jenis minyak murni dari kelapa yang dicampur dengan makanan atau minuman anak. Biasanya minyak kelapa akan membuat semua cacing dan telur keluar dari tubuh lewat feses. Minyak kelapa sangat sehat karena mengandung asam kaprilat yang bisa membunuh bakteri dan parasit dalam tubuh.

6.) Jus daun pepaya

Gambar terkait

Selain bagian bijinya maka jus daun pepaya juga bisa membantu mengatasi cacingan yang sangat buruk. Jus daun pepaya mengandung semua bahan alami yang bisa membunuh cacing. Selain itu jus daun pepaya bisa menjadi lebih efektif karena semua senyawa bisa masuk ke dalam tubuh sehingga juga menyembuhkan parasit di berbagai bagian tubuh yang lain. Anda cukup merebus daun pepaya yang sudah dibersihkan kemudian minum airnya saat perut masih kosong. Anda bisa menambahkan madu atau gula aren supaya jus tidak terlalu pahit. Biasanya minuman ini juga bisa membantu meningkatkan nafsu makan untuk anak-anak.


Baca juga : Obat Alami Cacingan Pada Anak & Dewasa


Selain dengan menggunakan bahan dan cara alami diatas, Anda dapat mempertimbangkan dan memilih alternatif pengobatan dengan Obat Alami Cacingan Pada Anak & Dewasa. Penggunaan Obat Alami ini diketahui lebih efektif sebagai alternatif untuk mencegah sekaligus mengobati penyakit cacingan pada anak dan dewasa. Selain itu, obat yang terbuat dari bahan alami ini akan sangat aman dikonsumsi karena tidak disertai bahan kimia sedikitpun sehingga tidak akan menimbulkan efek samping bagi penggunanya.

Untuk Mendapatkan Informasi Lengkap Mengenai Obat Alami Cacingan Pada Anak & Dewasa

Atau pesan langsung Obat Alami Cacingan Pada Anak & Dewasa :

Dapatkan layanan bebas konsultasi untuk mendapatkan informasi serta solusi pengobatan keluhan penyakit anda.

best regards,
Ilham Nur Rizki Muharram
Kapsul Gamat Emas Walatra 
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0821 2818 6997 (Tlp/SMS) – 5D55CD3A (BBM)

Kata Pencarian :

    cara mengobati usus luka
CS Walatra

CS Walatra

Kami Adalah Stokis Dari Produk Herbal Berkah Walatra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *