Cara Mencegah Penyakit Kencing Batu

Pernahkah Anda Mendengar Tentang Penyakit Kencing Batu?

Definisi Singkat Penyakit Kencing Batu

Hasil gambar untuk kencing batu

Penyakit kencing batu atau sering dikenal juga dengan batu ginjal merupakan endapan keras yang terbentuk dari zat yang ada dalam air kencing. Proses tersebut dengan nephrolithiasis. Kencing batu juga merupakan salah satu gangguan kesehatan yang umumnya mengganggu saluran kandung kemih. Batu ginjal terbentuk ketika perubahan terjadi dalam keseimbangan normal air, mineral, garam dan hal lain yang ditemukan dalam air seni. Penyakit kencing batu ini biasanya berukuran sangat kecil atau bisa mencapai sekitar beberapa inci. Ukuran batu yang lebih besar dan mengisi saluran pembawa kencing dari ginjal ke kandung kemih disebut batu staghorn. Penyakit kencing batu diketahui dapat menyerang siapa saja. Namun berdasarkan hasil penelitian, laki-laki lebih rentan terkena penyakit ini daripada wanita.

Penyebab Kencing Batu

Istilah penyakit kencing batu memang menunjukkan jika benar-benar ada batu dalam kandung kemih (kalkulus uriner) sehingga menjadi penyebab sakit pada saat buang air kecil. Secara umum penyakit kencing batu atau batu ginjal akan menimbulkan gejala rasa sakit pada bagian pinggang kiri atau kanan. Manusia memiliki 2 ginjal yang terletak di bagian kiri dan kanan. Sebagian orang yang menderita penyakit ini mengalami kencing darah. Hal tersebut dikarenakan adanya batu pada saluran kemih dan bisa menyebabkan nyeri, perdarahan, penyumbatan saluran kemih atau infeksi. Selain penyebab tersebut, adapun beberapa hal yang dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit batu ginjal :

Hasil gambar untuk kencing batu

  • Pola makan yang buruk dan tidak teratur
  • Akibat pembesaran prostat
  • Kekurangan asupan cairan dalam tubuh
  • Faktor genetik atau salah satu keluarga memiliki riwayat penyakit batu ginjal
  • Terjadi peradangan pada kandung kemih.

Gejala Kencing Batu

Gambar terkait

Meski tanpa gejala, batu pada ginjal bisa menimbulkan masalah, seperti infeksi dan penyumbatan aliran kencing. Batu yang tersangkut di kandung kemih akan menyebabkan kencing batu dan memunculkan banyak gejala.

Gejala batu ginjal yang biasanya terjadi adalah sakit luar biasa (urinary colic) yang datang dan pergi, dan biasanya bergerak dari bagian samping belakang (flank) ke bagian bawah perut (abdomen). Gejala batu ginjal umum lainnya termasuk :

  • Rasa sakit pada bagian perut bawah seperti nyeri dan tekanan yang kuat
  • Penderita pria biasanya akan merasakan sakit dan tidak nyaman pada kemaluannya
  • Sakit saat buang air kecil
  • Sering buang air kecil namun tidak lancar atau seperti tersumbat
  • Terdapat darah pada urin
  • Warna urin terlihat lebih keruh dan gelap.

Pengobatan penyakit kencing batu tergantung pada beberapa hal, seperti ukuran dan jumlah batu serta apakah ada infeksi atau tidak. Kebanyakan batu keluar dari tubuh dengan sendirinya tanpa bantuan dokter. Obat-obatan dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit. Antibiotik diberikan jika ada infeksi.

Batu yang tidak keluar sendiri perlu dikeluarkan dengan bantuan ahli urologi. Seorang ahli urologi adalah dokter yang memiliki spesialisasi di bidang penyakit saluran kemih. Ahli urologi biasanya menggunakan alat yang panjang dan tipis (ureteroscope) untuk mengeceknya.

Cara Mencegah Penyakit Kencing Batu Sejak Dini

  • Mengkonsumsi Banyak Cairan

Biasakan cukup atau banyak mengkonsumsi air putih. Air putih diketahui dapat mencegah terbentuknya batu pada kandung kemih. Cairan seperti air putih dapat membantu mengosongkan kandung kemih dengan baik. Anda bisa menyesuaikan kebutuhan air putih sesuai dengan kegiatan, usia, tingkat kesehatan dan faktor lain. Normalnya setiap orang bisa minum 3 liter air setiap hari, namun semua bisa disesuaikan dengan kesehatan dan kebutuhan.

  • Hindari Garam Berlebihan

Kebiasaan memasak atau mengolah makanan tertentu dengan garam memang bisa meningkatkan cita rasa. Namun berlebihan menggunakan garam dalam makanan bisa meningkatkan resiko kencing batu. Garam memang akan masuk ke dalam tubuh dan darah kemudian disaring oleh ginjal. Semua garam sisa dari dalam tubuh akan disaring ginjal dan masuk ke kandung kemih dalam bentuk urin. Jika garam–garam kecil mengendap dalam kandung kemih maka bisa menyebabkan terbentuknya batu pada kandung kemih. Jadi hindari semua bahaya konsumsi garam berlebihan. Asupan garam juga harus seimbang untuk mencegah akibat kekurangan garam dalam tubuh.

  • Kurangi Makanan Daging Merah

Diet juga sangat penting untuk mencegah penyakit kencing batu. Langkah ini dilakukan dengan mengurangi semua jenis makanan yang mengandung daging merah. Daging merah mengandung zat besi yang cukup tinggi. Zat besi bisa mempengaruhi penyerapan nutrisi dalam tubuh Anda, jika jumlahnya berlebihan. Selain itu daging merah juga mengandung asam oksalat yang bisa membuat terbentuknya batu pada kandung kemih.

  • Konsumsi Jus Beri

Mengkonsumsi semua jenis jus dari buah-buahan beri seperti cranberry, stroberi dan raspberry bisa membantu menurunkan resiko kencing batu. Buah beri bisa membantu tubuh dalam mengeluarkan kandungan oksalat dan sitrat yang didapatkan dari makanan lain. Kemudian jus beri juga bisa mengeluarkan bahan fosfat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

  • Buang Air Kecil Lebih Sering

Jika Anda merasa bagian kandung kemih terasa masih belum kosong, maka bisa mencoba teknik buang air kecil lebih sering. Buang air kecil bisa dilakukan selama 30 detik setelah buang air kecil pertama. Cara ini akan membantu mengosongkan kandung kemih. Teknik ini sangat penting untuk orang yang sudah pernah terkena penyakit infeksi saluran kemih.

  • Buang Air Kecil Sambil Duduk

Untuk orang yang pernah terkena penyakit pembesaran prostat maka buang air kecil sambil duduk sangat disarankan. Cara ini bisa membantu bahwa setelah buang air kecil maka kandung kemih benar-benar kosong. Cara ini juga membantu mencegah terbentuknya batu kandung kemih dalam jangka panjang.

  • Hindari Makanan Tinggi Asam Oksalat

Beberapa jenis makanan yang mengandung oksalat tinggi juga bisa menyebabkan kencing batu. Asam oksalat biasanya juga sangat rentan untuk penderita penyakit asam urat tinggi. Ketika asam oksalat tinggi masuk ke dalam tubuh maka ginjal akan bekerja lebih berat. Ada banyak limbah yang akan menumpuk dalam kandung kemih dan tidak bisa keluar bersama urin. Akhirnya limbah ini akan mengkristal dan membantu batu pada kandung kemih. Kebiasaan sehat ini bisa menjadi cara mencegah batu ginjal.

Baca juga : Obat Alami Penyakit Kencing Batu 


#KETAHUI

Jika Anda terlanjur menderita penyakit kencing batu, Anda dapat mempertimbangkan atau memilih alternatif pengobatan dengan Obat Alami Penyakit Kencing Batu. Penggunaan Obat Alami ini diketahui lebih efektif sebagai alternatif penyembuhan penyakit kencing batu. Selain itu, obat yang terbuat dari bahan alami ini akan sangat aman dikonsumsi karena tidak disertai bahan kimia sedikitpun sehingga tidak akan menimbulkan efek samping bagi penggunanya.

Untuk Mendapatkan Informasi Lengkap Mengenai Obat Alami Penyakit Kencing Batu

Atau pesan langsung Obat Alami Penyakit Kencing Batu :

Dapatkan layanan bebas konsultasi untuk mendapatkan informasi serta solusi pengobatan keluhan penyakit anda.

best regards,
Ilham Nur Rizki Muharram
Kapsul Gamat Emas Walatra 
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 085261436601 (Tlp/SMS) – 5D55CD3A (BBM)

Kata Pencarian :

    cara mencegah kencing batu, terbentuknya batu ginjal
CS Walatra

CS Walatra

Kami Adalah Stokis Dari Produk Herbal Berkah Walatra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!