Cara Mengobati Iritasi Usus Besar

Anda Mengalami Iritasi Usus Besar atau Irritable Bowel Syndrome? Segera Atasi Dengan Tips Alami Berikut Ini  >> Cara Mengobati Iritasi Usus Besar

Pengertian Irritable Bowel Syndrome

Hasil gambar untuk kram perut

Irritable Bowel Syndrome (IBS) atau juga dikenal dengan Sindrom Iritasi Usus Besar merupakan gangguan jangka panjang pada sistem pencernaan yang sangat umum sekali terjadi. Penyakit ini biasanya menyerang usus besar dalam jangka waktu yang cukup lama dengan gejala yang kambuh dari waktu ke waktu. Irritable bowel syndrome lebih sering dialami oleh wanita dewasa muda yang berusia kurang dari 50 tahun. Setiap penyakit ini kambuh, IBS bisa terjadi selama beberapa hari atau bahkan sampai berbulan-bulan. Keadaan ini juga dapat dipicu oleh stress berat, makanan tertentu, atau perubahan hormon seperti saat periode menstruasi.  Penyebab penyakit ini belum diketahui dengan pasti, namun ada beberapa faktor yang diduga menjadi pemicu terjadi Irritable Bowel Syndrom yaitu :

  • Terjadi infeksi pada saluran pencernaan.
  • Perubahan kondisi bakteri normal di dalam usus kecil.
  • Gangguan pada fungsi otak saat mengirim sinyal ke usus.
  • Akibat makanan yang terlalu cepat atau terlalu lambat dicerna sehingga menyebabkan diare atau konstipasi.
  • Makanan atau minuman tertentu yang sulit untuk dicerna, contohnya makanan yang mengandung kadar asam, lemak, gula, atau karbohidrat yang tinggi.
  • Perubahan kadar hormon atau zat kimia lainnya dalam tubuh yang berperan mentransmisikan sinyal-sinyal saraf.
  • Gangguan kesehatan mental misalnya panik, cemas, depresi, dan stress.

Gejala Irritable Bowel Syndrome

Beberapa gejala dan kondisi yang mungkin terjadi pada penderita Irritable Bowel Syndrome :

  • Diare atau konstipasi yang terkadang keduanya muncul secara bergantian.
  • Perut terasa kembung.
  • Mengalami sakit atau kram pada perut. Kondisi ini biasanya akan berkurang setelah buang air besar.
  • Tinja disertai dengan lendir.
  • Sakit kepala.
  • Rasa mual.
  • Sering bersendawa dan buang gas.
  • Mudah kelelahan.
  • Nyeri punggung.
  • Cepat merasa kenyang.
  • Menurunnya nafsu makan.
  • Rasa panas di dada.

Seseorang yang menderita IBS akan mengalami waktu dimana gejala-gejala tersebut bisa semakin buruk, berangsur-angsur membaik, atau bahkan hilang sepenuhnya. Namun apabila gejala sudah disertai dengan penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, buang air besar berdarah, berdebar-debar, sesak, hingga terdapat benjolan pada perut lebih baik Anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter atau rumah sakit.

Bagaimana Cara Mengobati Iritasi Usus Besar?

Beberapa langkah pengobatan dan penyembuhan yang dapat dilakukan oleh penderita Sindrom Iritasi Usus Besar atau Irritable Bowel Syndrome diantaranya seperti berikut ini :

  • Mengatur Pola Makan dan Asupan Serat

Hasil gambar untuk pola makan

Mengatur pola makan yang sesuai dengan kondisi Iritasi Usus Besar yang sedang dialami, terutama menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu IBS misalnya makanan pedas dan berlemak. Lebih baik perbanyak konsumsi cairan serta mengurangi konsumsi serat yang sulit dicerna oleh tubuh.

  • Rutin Olahraga dan Menurunkan Tingkat Stress

Hasil gambar untuk yoga dan olahraga

Gunakan waktu setidaknya 2,5 jam dalam satu minggu untuk melakukan olahraga atau aerobic dengan tingkat intensitas yang sedang. Contoh olahraga yang bisa Anda lakukan adalah dengan bersepeda atau jalan cepat. Selain Itu, mengontrol dan menurunkan tingkat stress juga memberi pengaruh baik untuk proses penyembuhan sindrom iritasi usus besar. Meski menurunkan tingkat stress mungkin cukup sulit, disarankan Anda melakukan beberapa gerakan olahraga yang membuat rileks, seperti Meditasi dan Yoga.

  • Konsumsi Teh Herbal

Hasil gambar untuk teh peppermint dan chamomile

Teh herbal diketahui mampu bekerja dengan baik untuk mengatasi sindrom iritasi usus besar. Teh herbal bisa Anda dapatkan dari teh chamomile. Teh chamomile hangat terbukti dapat membantu meredakan kram pada perut saat dalam kondisi sindrom iritasi usus besar. Namun ternyata selain teh chamomile, teh peppermint juga termasuk kedalam obat lain yang dapat mengatasi iritasi usus besar. Pasalnya kandungan minyak yang kuat dalam peppermint dapat membantu meringankan masalah pada pencernaan dan diare. Jintan, adas manis, dan oregano adalah herbal lain yang dapat digunakan untuk membuat teh herbal untuk sindrom iritasi usus. Jika Anda rentan terhadap alergi atau heartburn, jangan mencoba chamomile atau herbal peppermint untuk teh Anda.

  • Asafetida

Gambar terkait

Asafetida ini adalah sejenis jahe bubuk kering serta garam yang bisa dijadikan alternatif obat tradisional untuk iritasi usus. Campur sejumput asafetida, jahe bubuk kering dan garam dalam segelas air hangat dan minumlah untuk memberi bantuan cepat dari gejala sindrom iritasi usus. Asafetida merupakan obat anti-kembung, anti-inflamasi, dan sifat pencaharnya menjadikan asafetida obat yang baik untuk menyembuhkan sindrom iritasi usus.

  • Sekam Psyllium

Gambar terkait

Campurkan 1 sdt sekam psyllium dengan setengah cangkir yogurt dan minum setelah makan malam. Ini adalah obat yang baik untuk sindrom iritasi usus. Psyllium memudahkan buang air besar, terutama jika Anda menderita sembelit, yang merupakan salah satu gejala utama sindrom iritasi usus. Hal ini juga mengurangi kembung dan perut kembung.

  • Cuka sari Apel

Gambar terkait

Cuka sari apel dapat digunakan untuk pengobatan sindrom iritasi usus besar. Cara mengkonsumsinya pun sangat mudah, Anda hanya perlu mencampurkan 2 sendok cuka apel dalam satu gelas air minum. Cuka sari apel memiliki sifat anti bakteri yang kuat untuk membunuh racun atau bakteri penyebab iritasi usus besar dan membuangnya dari tubuh. Jika Anda mengkonsumsi cuka sari apel, usahakan untuk mengencerkan cuka sari apel agar rasa asamnya tidak terlalu pekat.

  • Lada dan Kapulaga

Gambar terkait

Kedua jenis rempah-rempah ini ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengatasi sindrom iritasi usus besar yang aman untuk dikonsumsi. Gunakan kapulaga , jahe serta merica dengan mencampurkan keseluruhan bahan ini dan mencampurnya dengan air hangat. Mengkonsumsi ramuan ini, dapat membantu menyembuhkan sindrom iritasi usus. Bahan alami ini juga mengandung anti inflamasi.

Catatan :

“Jika Anda menderita sindrom iritasi usus, hindarilah makanan non-vegetarian, teh, kopi dan alkohol. Minum lebih banyak air dan makan makanan berserat untuk menangkal masalah pencernaan.”

Baca juga : Obat Alami Irritable Bowel Syndrome


#KETAHUI

Jika Anda menderita sindrom iritasi usus besar, Anda dapat mempertimbangkan dan memilih alternatif pengobatan dengan Obat Alami Irritable Bowel Syndrome. Penggunaan Obat Alami ini diketahui lebih efektif sebagai alternatif penyembuhan sindrom iritasi usus besar tanpa harus melalui tindak operasi. Selain itu, obat yang terbuat dari bahan alami ini akan sangat aman dikonsumsi karena tidak disertai bahan kimia sedikitpun sehingga tidak akan menimbulkan efek samping bagi penggunanya.

Untuk Mendapatkan Informasi Lengkap Mengenai Obat Alami Irritable Bowel Syndrome

Atau pesan langsung Obat Alami Irritable Bowel Syndrome :

Dapatkan layanan bebas konsultasi untuk mendapatkan informasi serta solusi pengobatan keluhan penyakit anda.

best regards,
Ilham Nur Rizki Muharram
Kapsul Gamat Emas Walatra 
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 085261436601 (Tlp/SMS) – 5D55CD3A (BBM)

CS Walatra

CS Walatra

Kami Adalah Stokis Dari Produk Herbal Berkah Walatra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!