Gejala Dan Cara Mengatasi Penyakit Usus Buntu

Sakit Perut Yang Tak Tertahankan? WASPADAI! Penyakit Usus Buntu (Apendisitis)
Untuk Mengetahui Lebih Jelas Gejala Lain Dari Penyakit Usus Buntu Simak Hingga tuntas >> Gejala Penyakit Usus Buntu Dan Cara Mengatasi

Definisi Singkat Penyakit Usus Buntu

Penyakit usus buntu merupakan suatu kondisi dimana usus buntu itu sendiri mengalami peradangan atau pembengkakan yang mengakibatkan bagian ujung usus buntu menjadi tertutup. Selama usus berada pada kondisi seperti ini, usus akan kehilangan fungsinya. Penyakit usus buntu atau apendisitis ini adalah jenis penyakit yang biasanya seringkali muncul pada kalangan muda mulai dari usia 10 hingga 20 tahun. Namun meski begitu, penyakit yang satu ini juga tetap dapat dialami oleh siapa saja. Usus buntu adalah organ yang berbentuk kantong kecil dan tipis berukuran kurang lebih 5-10 cm yang terhubung pada usu besar.

Penyebab Penyakit Usus Buntu

Meski penyakit usus buntu sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat, namun penyakit ini belum diketahui dengan pasti apa yang menjadi penyebabnya. Namun penyebab umumnya disebutkan akibat dari pola makan yang tidak baik, tidak teratur, dan tidak tepat. Selain pola makan, kondisi fisik yang lemah dan fikiran stres juga dapat mempengaruhi timbulnya penyakit ini. Adapun beberapa medis yang menyebutkan bahwa secara keseluruhan, penyakit usus buntu disebabkan oleh penyumbatan akibat usus buntu yang terhubung pada usus besar, kemudian akibat penyumbatan atau feses tidak lancar dan tinja menghalangi bagian pintu masuk usus buntu. Penyumbatan ini yang menyebabkan terjadinya inflamasi yang memunculkan tekanan dan menyebabkan usus buntu menjadi pecah.

Penyumbatan ini juga diperkirakan akibat terjadi pembengkakan pada bagian kelenjar getah bening dalam dinding usus. Terbanyak kasus ini ditemukan pada penderita yang pernah mengalami infeksi saluran pernafasan atas (ISPA).

Baca juga : Penyakit Usus Buntu (Apendisitis)

Gejala Penyakit Usus Buntu

Gejala yang umum sekali muncul pada penyakit usus buntu adalah sakit pada perut yang terkadang tidak tertahankan. Rasa sakitnya akan timbul dibagian perut bagian tengah yang kemudian setelah beberapa jam akan berpindah ke perut bagian bawah. Namun selain sakit perut, gejala penyakit usus buntu juga ditandai dengan :

  • Pembengkakan pada perut yang disertai dengan rasa nyeri.
  • Mual dan muntah akibat terganggunya pencernaan oleh apendisitis sehingga menimbulkan rasa mual dan ingin muntah.
  • Diare juga menjadi salah satu indikasi dari penyakit usus buntu. Hal tersebut diakibatkan feses keluar secara tidak normal.
  • Hilangnya nafsu makan biasanya juga menyangkut gejala penyakit usus buntu karena dalam kondisi peradangan perut akan terasa tidak nyaman.
  • Sulit buang angin akibat saluran usus buntu mengalami pembengkakan yang menyebabkan penyumbatan di area tersebut.

Penanganan Penyakit Usus Buntu Melalui Operasi

sebagian besar penyakit usus buntu biasanya ditangani melalui operasi pengangkatan usus buntu atau dalam istilah medis dikenal dengan apendektomi. Ada dua jenis apendektomi diantaranya operasi laparoskopi yang merupakan lubang kunci dan bedah sayatan terbuka.  Namun proses operasi yang sering dipilih sebagai alternatif penanganan usus buntu biasanya laparoskopi atau lubang kunci.

Sama seperti operasi pada umumnya, proses apendektomi juga dapat memicu resiko lain seperti timbulnya infeksi luka operasi hingga pendarahan.

Ketahui ! Beberapa Cara Alami Berikut Dapat Membantu Meringankan Penyakit Usus Buntu

✓ Membuat Ramuan Temulawak

Pada beberapa analisis kesehatan, bahan alami temulawak diketahui dapat mengatasi penyakit usus buntu. Cara mengobati usus buntu dengan temulawak yaitu pertama siapkan bahan-bahan terlebih dahulu seperti, temulawak sebanyak 30 gram, kunyit sebanyak 25 gram serta air 500 ml.

Cara mengolahnya :

➮ Cuci sampai bersih temulawak serta kunyit lalu rebus dengan air 500 ml.
➮ Rebus hingga air rebusannya tersisa setengah, kemudian saring air hasil rebusan, dan dinginkan.
➮ Setelah dingin minum 3 kali sehari secara teratur.

Madu dan Mengkudu

Madu dan mengkudu juga termasuk pada bahan alami aya bisa dibuat ramuan untuk mengobati usus buntu. Cara membuat ramuannya hanya dengan menyiapkan bahan-bahannya seperti 1 buah mengkudu pilih yang sudah masak, dan satu sendok makan madu murni.

Cara membuat ramuan :

➮ Cara membuat ramuan dari mengkudu sangat mudah yaitu bersihkan terlebih dahulu mengkudu lalu parut.
➮ Setelah diparut peraslah hasil parutan, lalu masukkan air hasil parutan kedalam gelas.
➮ Tambahkan madu sebanyak 1 sendok makan.
➮ Setelah itu bisa langsung diminum. Minumlah 2 kali sehari secara rutin.

✓ Menggunakan Minyak Jarak

Minyak jarak adalah alternatif yang bermanfaat mengurangi gejala penyakit usus buntu. Dengan menggunakan minyak ini, resiko peradangan akibat menyumbatnya usus buntu akan berkurang. Tidak hanya itu, minyak jarak juga dapat memberikan bantuan pada masalah sembelit, masalah usus, dan masalah gas jika dikonsumsi secara oral.

➮ Siapkan minyak jarak dan kain flanel besar yang dilipat.
➮ Berbaringlah dengan dialasi oleh handuk.
➮ Tuangkan 2 sendok makan minyak jarak di atas perut Anda, kemudian letakkan kain di atasnya.
➮ Ulangi pengobatan ini sebanyak 3 kali seminggu selama 2-3 bulan.

✓ Diatasi Dengan Sari Lemon Hasil gambar untuk sari lemon

Sari lemon dapat membantu meringankan rasa sakit dan radang berkat sifat dari sitrusnya yang dapat membantu pada gangguan pencernaan dan sembelit. Tidak hanya itu saja, lemon juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah infeksi.

➮ Keluarkan sari dari satu buah lemon.
➮ Campurkan dengan madu alami dengan kuantitas yang sama.
➮ Konsumsi campuran ini beberapa kali sehari.
➮ Ulangi hal ini setiap hari selama beberapa minggu.

✓ Membuat Minuman Teh Mint

Teh mint sangat efektif dalam menyembuhkan banyak gejala usus buntu. Alternatif ini dapat membantu meredakan mual dan muntah, serta mengurangi masalah gas dan sakit perut pada gejala usus buntu. Oleh karena itu, penderita usus buntu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi teh mint secara teratur untuk mengurangi peradangan pada usus buntu.

➮ Buatlah teh mint dengan menambahkan satu sendok makan daun mint segar pada secangkir teh mendidih, dan biarkan selama 5-10 menit.
➮ Saring dan tambahkan beberapa madu segar ke dalam teh.
➮ Minum teh ini 2-3 kali sehari selama beberapa minggu.
➮ Untuk memerangi mual dan muntah, Anda dapat mengunyah beberapa daun mint segar.

✓ Mengkonsumsi Obat Dari Bahan Alami

Obat Alami hadir sebagai rekomendasi yang paling dianjurkan. Karena alami merupakan salah satu alternatif pengobatan penyakit usus buntu yang paling aman, efektif dan tidak akan menimbulkan efek samping. Banyak sekali keunggulan melakukan pengobatan dengan obat alami. Bahkan fungsinya bukan hanya sebagai pengobatan, obat alami juga dapat anda gunakan sebagai perawatan agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Artikel terkait : Obat Alami Penyakit Usus Buntu


Ingin Tahu Lebih Detail Cara Mengatasi Mata Kering Dan Perih Dengan Obat Alami?

Dapatkan layanan bebas konsultasi untuk mendapatkan informasi serta solusi pengobatan keluhan penyakit anda.

best regards,
Ilham Nur Rizki Muharram
Kapsul Gamat Emas Walatra – Gejala Penyakit Usus Buntu Dan Cara Mengatasi
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0821 2818 6997 (Tlp/SMS) – 5D55CD3A (BBM)

Obat Alami Penyakit Usus Buntu (Apendisitis)

CS Walatra

CS Walatra

Kami Adalah Stokis Dari Produk Herbal Berkah Walatra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *