Makanan Yang Harus Dikonsumsi Oleh Penderita Ginjal Bengkak

Hasil gambar untuk ginjal bengkak

Makanan Yang Harus Dikonsumsi Oleh Penderita Ginjal Bengkak – Ginjal bengkak atau sering disebut juga dengan hidronefrosis merupakan suatu kondisi penyakit dimana terjadi penurunan fungsi ginjal berupa penumpukan urine di salah satu atau kedua bagian ginjal. Penumpukan urine tersebut dapat terjadi karena kandung kemih tidak dapat mengeluarkan urine sebagaimana mestinya. Pada kondisi yang normal, ginjal berfungsi sebagai organ penyaring kotoran dan racun dalam darah dan membuangnya bersama sisa cairan tubuh dalam bentuk urine.

Namun proses tersebut menjadi terhambat akibat adanya penyumbatan pada saluran kemih. Akibatnya, urine tidak dapat dikeluarkan atau bahkan kembali naik ke ginjal sehingga menyebabkan ginjal menjadi bengkak. Sebenarnya ginjal bengkak sendiri bukanlah suatu penyakit. Melainkan, salah satu kondisi yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi ginjal dan sistem pada saluran kemih. Ginjal bengkak juga termasuk kedalam salah satu kondisi yang umum sekali dialami oleh beberapa orang.

Penyebab Ginjal Bengkak

Gambar terkait

Terdapat beberapa faktor yang menjadi pemicu terjadinya pembengkakan pada ginjal. Faktor-faktor penyebab ginjal bengkak tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut :

  1. Batu Ginjal. Penyakit batu ginjal merupakan tidak berfungsinya ginjal yang ditandai dengan kemunculan material keras pada ginjal akibat ketidakmampuannya untuk menyaring racun dan kotoran didalam tubuh. Batu ginjal dapat berukuran besar ataupun kecil dan biasanya tetap dapat dikeluarkan melalui saluran kencing. Dalam suatu waktu ukuran batu tersebut dapat menjadi besar, pada keadaan inilah yang membuat seseorang lebih rentang mengalami ginjal bengkak.
  2. Infeksi Ginjal. Organ ginjal dapat terinfeksi akibat bakteri serta zat-zat kimia yang masuk ke tubuh manusia melalui makanan dan minuman. Infeksi ginjal dapat dikenali melalui gejalanya seperti rasa sakit pada pinggang atau saluran kemih saat buang air kecil. Pada kondisi infeksi yang sudah parah dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada ginjal.
  3. Pembekuan Darah. Darah yang membeku juga dapat menjadi salah satu penghambat proses aliran darah menuju ginjal. Penyumbatan tersebut dapat meningkatkan resiko seseorang mengidap ginjal bengkak. Saat proses penyaringan racun terhambat, maka racun serta kotoran lain akan menumpuk di dalam ginjal sehingga menyebabkan ginjal menjadi bengkak.
  4. Pembesaran Prostat. Gejala ginjal bengkak yang satu ini dapat dikenali ketika seseorang mengalami kesulitan buang air kecil. Urine yang keluar tersendat-sendat serta disertai rasa sakit yang luar biasa hingga warna urine yang disertai darah. Kondisi penyakit pembesaran prostat juga dapat menyebabkan pembengkakan pada ginjal.

Gejala dan Ciri-ciri Ginjal Bengkak

Hasil gambar untuk ginjal bengkak

Gejala ringan dari ginjal bengkak adalah buang air kecil yang lebih sering serta peningkatan daya dorong saat sedang buang air kecil. Berikut ini beberapa gejala lain yang mungkin dirasakan oleh penderita ginjal bengkak :

  • Sakit pada perut atau panggul
  • Mual dan muntah
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Berkemih tidak tuntas
  • Demam

Adanya gangguan saluran urin meningkatkan resiko terjadinya infeksi saluran kemih (ISK). Itulah sebabnya mengapa ISK merupakan komplikasi yang paling umum dialami oleh penderita ginjal bengkak. Biasanya, urin akan mengalir melalui saluran kemih dengan tekanan yang minimal. Tekanan akan semakin besar jika terdapat penyumbatan pada saluran kemih. Setelah beberapa waktu, ginjal mulai membesar dan disaat tertentu mulai menekan organ terdekat. Jika tidak segera diobati, ginjal dapat kehilangan fungsinya secara permanen.


Apa Saja Makanan Yang Harus Dikonsumsi Oleh Penderita Ginjal Bengkak?

1.) Buah Apel

Hasil gambar untuk apel

1 buah apel ukuran sedang termasuk kulitnya mengandung :

  • 0 natrium
  • 158 mg kalium
  • fosfor 10mg

Buah apel tak hanya terkenal untuk diet sehat, mencegah penyakit serangan jantung, dan mencegah kanker. Buah apel ternyata juga baik untuk penderita penyakit ginjal termasuk ginjal bengkak. Penderita penyakit ginjal bengkak disarankan mengkonsumsi buah apel setengah dari satu buah apel. Karena apel juga mengandung banyak air yang tentu dibatasi untuk masuk kedalam tubuh penderita penyakit ginjal. Apel dapat membantu mengeluarkan racun dan membersihkan ginjal. Tetapi bagi penderita penyakit ginjal yang sudah masuk pada tahap kronis lebih baik jauhi mengkonsumsi buah ini.

2.) Buah Anggur

Gambar terkait

1/2 cangkir (kurang lebih 110gr) mengandung :

  • 1 mg sodium
  • 88 mg potassium
  • 4 mg fosfor

Buah anggur ternyata juga sangat dianjurkan untuk penderita ginjal bengkak. Anggur memiliki sifat yang hampir sama dengan apel yaitu sebagai detofikasi atau pembersih. Namun, mengkonsumsi buah ini juga harus dibatasi atau tidak berlebihan misalnya konsumsi dua hingga tiga buah dalam satu hari karena anggur mengandung banyak air.

3.) Buah Cherry

Gambar terkait

1/2 cangkir buah cherry mengandung :

  • 0 mg sodium
  • 160mg potassium
  • 15 mg fosfor

Cherry juga merupakan salah satu buah yang dapat dikonsumsi oleh penderita ginjal bengkak. Buah ini memiliki fungsi sebagai pencegahan antioksidan dan dapat bertindak sebagai anti inflamasi. Para penderita penyakit ginjal tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein dan buah cerry tidak memiliki banyak kandungan protein sehingga mengkonsumsi buah cherry dapat mengurangi kadar kalium dalam tubuh dan menyehatkan ginjal. Selain cerry, buah yang termasuk keluarga berry sangat disarankan untuk penderita penyakit ginjal.

4.) Bawang Putih

Gambar terkait

1 siung bawang putih mengandung :

  • 1 mg sodium
  • 12 mg potassium
  • 4 mg fosfor

Bawang putih menjadi salah satu bahan yang sangat baik dikonsumsi dan banyak disarankan sebagai alternatif pengobatan penyakit termasuk penyakit ginjal. Anda hanya perlu menambahkan bawang putih ke dalam setiap menu makanan. Bawang putih diketahui dapat mencegah proses oksidasi dan pembekuan darah. Selain itu, bawang putih yang tidak terlalu diolah juga dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan menghindari peradangan.

5.) Paprika Merah

Hasil gambar untuk paprika merah

1/2 cangkir paprika merah mengandung :

  • 1 mg sodium
  • 88 mg potassium
  • 10 mg fosfor

Banyak ahli kesehatan banyak yang menyarankan untuk menyertakan paprika merah ini kedalam setiap menu makanan sehari-hari. Sebab paprika berwarna merah ini diketahui dapat membantu meringankan penyakit ginjal dan mencegah pertumbuhan penyakit kanker dalam tubuh. Paprika merah tidak begitu banyak mengandung kalium seperti paprika warna lain. Selain itu, sayuran ini juga memiliki kelebihan lain yaitu mengandung serat, asam folat, Vitamin A, Vitamin B6, dan Vitamin C.

6.) Minyak Zaitun

Hasil gambar untuk minyak zaitun

1 sendok minyak zaitun mengandung :

  • <1 mg sodium
  • < 1 mg potassium
  • 0 mg fosfor

Ada banyak jenis minyak yang dapat dikonsumsi tetapi minyak dari buah zaitun lah yang baik untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal. Minyak zaitun mengandung anti-inflamasi, anti-oksidan, juga asam lemak dimana membantu menyehatkan organ ginjal. Masaklah menggunakan minyak ini.

7.) Kecambah/Tauge

Hasil gambar untuk kecambah

Penderita penyakit ginjal tidak boleh sembarang mengkonsumsi sayur. Tapi touge bisa menjadi salah satu sayur yang dapat dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal. Tauge atau kecambah dapat membantu membersihkan ginjal dan menghindari pembentukan batu ginjal. Disarankan untuk dikonsumsi dalam bentuk mentah dan tidak diolah menjadi apapun. Tenang, rasa touge cukup nikmat bila belum diolah.

Baca juga : Obat Alami Ginjal Bengkak


Ingin tahu solusi Obat Alami Ginjal Bengkak yang ampuh, efektif, dan tidak menimbulkan efek samping?


Selain mengkonsumsi makanan-makanan sehat diatas Anda juga dapat melakukan pencegahan, perawatan, dan pengobatan dengan penggunaan obat alami. Apa alasannya? Karena produk obat yang terbuat dari bahan-bahan alami tanpa campuran bahan kimia akan lebih aman untuk dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping. Kami rekomendasikan agar Anda mempertimbangkan dan melakukan pengobatan ginjal bengkak dengan Obat Alami Ginjal Bengkak yang sudah lama dipercaya dan terbukti sangat efektif mengatasi segala macam penyakit termasuk ginjal bengkak dengan 100% ALAMI, AMAN, dan TIDAK MENIMBULKAN EFEK SAMPING serta dapat digunakan oleh segala usia dari anak-anak hingga lansia. Pengobatan ginjal bengkak dengan Obat Alami Ginjal Bengkak merupakan solusi paling tepat karena obat alami ini sudah sangat terjamin kualitasnya dan telah terdaftar di BPOM RI jadi Anda tidak perlu mengkhawatirkan keamanan obat alami ini. Untuk informasi Obat Alami Ginjal Bengkak lebih lengkap klik disini!

Atau pesan langsung Obat Alami Ginjal Bengkak :

Dapatkan layanan bebas konsultasi untuk mendapatkan informasi serta solusi pengobatan keluhan penyakit anda.

best regards,
Ilham Nur Rizki Muharram
Kapsul Gamat Emas Walatra
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0821 2818 6997 (Tlp/SMS) – 5D55CD3A (BBM)

CS Walatra

CS Walatra

Kami Adalah Stokis Dari Produk Herbal Berkah Walatra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *