Pantangan Makanan Demam Berdarah

Saat Ini Anda Sedang Mengalami Demam Berdarah? Ingin Segera Sembuh Dari Penyakit Tersebut? Yukk Ketahui Pantangan Makanan Demam Berdarah Yang Harus Dihindari


Demam berdarah atau demam dengue adalah penyakit yang membuat suhu tubuh penderita menjadi sangat tinggi pada umunya disertai dengan sakit kepala, nyeri sendi, otot dan tulang serta nyeri dibagian belakang mata. Jutaan kasus demam berdarah terjadi setiap tahunnya diseluruh dunia. Kondisi ini terjadi pada pasien dengan usia berapapun. Penyakit ini paling sering terjadi selama musim hujan dan setelah musim hujan diarea tropis dan subtropis.

Menurut data yang dihimpun oleh Kemenkes RI, pa atahun 2013 telah terjadi 112.511 kasus demam berdarah di 34 provinsi di Indonesia dan tercacat ada 871 penderita meninggal dunia. Pada tahun selanjutnya, kasus demam brdarah di Indonesia menurun. Ada sekitar 71.667 kasus dengan 641 orang diantaranya meninggal dunia.

Data di atas menempatkan Indonesia sebagai negara nomor 1 di Asia Tenggara terkait kasus penyakit demam dengue. Sedangkan di dunia, Indonesia adalah nomor 2 setelah Brazil.

Penyebab Demam Berdarah

Demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan kepada manusia melalui perantara nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Tidak seperti nyamuk pada umumnya yang mencari makan di malam hari, Nyamuk ini umumnya menggigit dipagi hari sampai sore hari menjelang petang.

Jentik-jentik nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus banyak ditemukan pada air selokan yang tidak mengalir, kolam, waduk, atau kamar mandi di tumah. Serangga ini menjadikan air yang tenang sebagai media untuk berkembang biak. Wilayah yang memiliki tingkat sanitasi buruk, seperti di kota-kota berpenduduk padat yang terletak dinegara-negara berkembang.

Gejala Demam Berdarah

Virus dengue memerlukan masa inkubasi seperti virus lainnya. Masa inkubasi adalah jarak waktu antara virus pertama kali masuk ke tubuh sampai gejala mulai muncul. Pada demam berdarah, gejala biasanya akan muncul setelah 4-10 hari sejak masuknya virus melalui gigitan nyamuk. Dan gejala yang terjadi dapat berupa:

  • Suhu tubuh tinggi yang dapat mencapai 41°C
  • Tubuh menggigil
  • Kehilangan nafsu makan
  • Badan terasa lelah
  • Mual dan muntah
  • Sakit kepala
  • Wajah berwarna kemerahan
  • Nyeri sendi, otot dan tulang
  • Nyeri pada bagian belakang mata
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Munculnya bintik-bintik merah di kulit (terutama pada anak-anak)

Pantangan Makanan Demam Berdarah Yang Harus Dihindari

1. Makanan Instan dan Cepat Saji

Pantangan Makanan Demam Berdarah yang pertama yaitu makanan instan. Selain untuk penderita demam berdarah, makanan instan juga sebenarnya tidak baik dikonsumsi orang sehat sekalipun. Makanan instan memiliki kandungan pengawet dan zat aditif lainnya. Kebanyakan makanan instan tidak memiliki memiliki nutrisi penting yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Makanan instan kebanyakan mengandung kolesterol dan lemak yang justru dapat memperburuk keadaan.

2. Makanan Pedas

Makanan pedas adalah salah satu jenis makanan yang bisa meningkatkan risiko iritasi lambung dan saluran pencernaan. Banyak pasien demam berdarah yang mengalami iritasi lambung saat gejala demam berdarah terjadi. Sehingga, mengonsumsi makanan yang pedas justru akan memperburuk gejala dari demam berdarah. Sebaiknya hindari makanan yang mengandung cabai maupun merica untuk sementara waktu.

3. Minuman Kaleng

Pantangan makanan demam berdarah yang selanjutnya yaitu minuman kaleng. Minuman kaleng sama halnya dengan makanann cepat saji. Minuman kaleng mengandung pengawet dan zat aditif yang jika dikonsumsi berlebihan bisa mengganggu kesehatan. Saat sedang mengalami demam berdarah, pasien mungkin akan mengalami gangguan pada beberapa organ tubuhnya, salah satunya lambung. Apabila mengonsumi minuman kleng, bisa menggangu lambung dan akan memperburuk kondisi demam berdarah.

4. Makanan Berlemak

Makanan lain yang perlu dihindari selama demam berdarah menyerang adalah makanan berlemak. Makanan berlemak adalah makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Dan kolesterol adalah salah satu penyebab berbagai keluhan di tubuh. Sebaiknya saat sedang sakit, termasuk mengidap demam berdarah, untuk tidak memaksakan diri untuk makanan yang mengandung lemak dan mengandung kolesterol.

5. Alkohol Dan Minuman Soda

Baik makanan maupun minuman yang mengandung alkohol sebaiknya dihindari bagi penderita demam berdarah. Alkohol bisa meningkatkan risiko dehidrasi. Padahal seseorang yang terserang demam berdarah harus terhindar dari dehidrasi agar tidak bertambah parah gejalanya. Selain alkohol, hindari juga minuman bersoda dan minuman berenergi.


Tahukah Anda?? Kini Demam Berdarah Dapat Diatasi Dengan Cara Alami Menggunakan Obat Tradisional Demam Berdarah

Walatra Gamat Emas Kapsul obat herbal Asli Indonesia yang diproduksi oleh CV. JOGJA NATURAL HERBAL yang terbukti dapat mengobati berbagai penyakit secara alami tanpa menimbulkan efek samping sehingga dipercaya sebagai obat tradisional demam berdarah.

Mau Tahu Cara Kerja Walatra Gamat Emas Kapsul Sebagai Obat Tradisional Demam Berdarah?

LAYANAN KONSULTASI DAN PEMESANAN 24 JAM NON-STOP

0852 6143 6601 (Via Tlp/SMS/WhatsApp)
5D55CD3A (Via BBM)
Hari Libur Tetap Buka
(Termasuk Hari Libur Nasional)

best regards,
Ilham Nur Rizki Muharram
Pantangan Makanan Demam Berdarah
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0852 6143 6601 (Tlp/SMS/WhatsApp) – 5D55CD3A (BBM)

CS Walatra

CS Walatra

Kami Adalah Stokis Dari Produk Herbal Berkah Walatra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!