Pengobatan Penyakit Torsio Testis

Pernah Mendengar Penyakit Torsio Testis? Atau Anda Sendiri Yang Mengalami? Solusinya Ada Disini >> Pengobatan Penyakit Torsio Testis

Apa Itu Torsio Testis?

Hasil gambar untuk kelainan prostatTorsi atau torsio testis merupakan kondisi dimana testis terbelit tali-tali kristal. Testis sendiri merupakan bagian dari kelenjar reproduksi pria yang terletak didalam skrotum. Testis berfungsi memproduksi dan menyimpan sperma, yang juga terlibat dalam sistem endokrin untuk memproduksi hormon testosteron. Testis menggantung di tempatnya berkat tali-tali kristal. Di samping fungsi tersebut, kristal pengikat juga mengandung pembuluh darah dan saraf ke testis juga ke saluran endokrin lain seperti saluran sperma. Belitan oleh tali-tali kristal memotong suplai darah ke dalam testis. Apabila terus terbelit, testis akan terluka dan mungkin dapat terjadi necrosis. Torsio testis dapat terjadi tiba-tiba tanpa alasan atau karena cedera. Torsio testis dapat terjadi pada usia berapapun namun paling sering pada pria muda berusia 12 hingga 20 tahun dan juga umum terjadi pada bayi-bayi yang baru lahir.

Penyebab Torsio Testis

Pada fetus, testis mulai berkembang di dalam perut. Seiring dengan perkembangan fetus, testis mulai bergerak ke bawah hingga akhirnya berada di dalam scrotum.

Testis menempel pada abdomen dengan ikatan kristal dan terpasang pada jaringan yang mengelilinginya. Terkadang ikatan terlalu longgar dan testis malah menggantung pada saluran sperma.

Torsi lebih umum terjadi pada orang-orang yang memiliki masalah dengan jaringan pada area ini. Pada beberapa kasus, tumor yang berdaging dapat menyebabkan testis berubah dari posisi normal yang kemudian membuat ikatan terbelit.

Selain beberapa hal diatas, adapun beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya torsio testis :

  • Usia. remaja usia 12 hingga 16 lebih berisiko terkena kondisi ini.
  • Apabila Anda pernah mengalami torsio testis dan torsi hilang tanpa pengobatan, Anda memiliki risiko lebih tinggi.
  • Riwayat keluarga mengidap torsio testis.
  • Memiliki jaringan ikat yang lemah di dalam skrotum (jaringan ini berfungsi menyangga testis).
  • Cedera pada area alat vital (misalnya akibat kecelakaan atau saat berolahraga).

Gejala Torsio Testis

Pada kasus yang jarang terjadi, torsio testis dapat dialami oleh bayi laki-laki yang masih berada dalam rahim. Penderita torsio testis bisa merasakan gejala berupa:

  • Pembengkakan dan nyeri hebat pada skrotum
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Posisi testis yang meninggi secara tidak normal
  • Pusing
  • Demam
  • Mual
  • Nyeri perut
  • Muntah
  • Darah pada air mani

Jika perputaran testis terjadi cukup sering, maka seluruh aliran darah berisiko mengalami penyumbatan dan bisa mengarah kepada kerusakan organ.

Jika torsio testis terlambat terdiagnosis dan tertangani (misalnya karena penderita malas memeriksakan kondisinya ke dokter atau menganggap remeh gejala yang dirasakan) maka risiko kerusakan pada testis makin besar. Kerusakan ini nantinya dapat mengurangi fungsi testis (salah satunya produksi sperma).

Bagaimana Cara Mengobati Torsio Testis?

Gambar terkait

Torsio testis biasanya akan ditangani dengan melakukan operasi untuk menghindari kerusakan permanen atau hilangnya testis. Sebelum ke tahap operasi biasanya dokter akan melihat riwayat kesehatan dan melakukan pemeriksaan fisik. USG mungkin akan digunakan untuk mendiagnosis, mengidentifikasi, dan mengeliminasi kondisi lain. Bila Anda mengidap torsio testis, hasil gambar akan menunjukkan peredaran darah yang berkurang ke dalam testis.

Pada proses operasi, ahli bedah akan mengangkat ikatan-ikatan yang membelit testis ke posisi normal. Namun apabila operasi ditunda lebih dari 4 sampai 6 jam setelah rasa sakit dimulai, kemungkinan besar penyakit torsio testis tidak dapat diatasi. Testis yang tersisa biasanya akan diperbaiki untuk menghindari belitan serupa. Apabila testis sudah tidak berfungsi, maka dengan terpaksa testis harus diangkat. Apabila testis masih normal dan tidak diangkat, seksualitas serat kemampuan reproduksi tidak akan terganggu.

Baca juga : Obat Alami Penyakit Torsio Testis 


#KETAHUI

Jika Anda terlanjur menderita penyakit torsio testis, Anda dapat mempertimbangkan atau memilih alternatif pengobatan dengan Obat Alami Penyakit Torsio Testis. Penggunaan Obat Alami ini diketahui lebih efektif sebagai alternatif penyembuhan penyakit torsio testis. Selain itu, obat yang terbuat dari bahan alami ini akan sangat aman dikonsumsi karena tidak disertai bahan kimia sedikitpun sehingga tidak akan menimbulkan efek samping bagi penggunanya.

Untuk Mendapatkan Informasi Lengkap Mengenai Obat Alami Penyakit Torsio Testis

Atau pesan langsung Obat Alami Penyakit Torsio Testis :

Dapatkan layanan bebas konsultasi untuk mendapatkan informasi serta solusi pengobatan keluhan penyakit anda.

best regards,
Ilham Nur Rizki Muharram
Kapsul Gamat Emas Walatra 
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0821 2818 6997 (Tlp/SMS) – 5D55CD3A (BBM)

CS Walatra

CS Walatra

Kami Adalah Stokis Dari Produk Herbal Berkah Walatra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *