Penyebab Mata Kering Dan Cara Mengatasinya

Apakah Anda Merasakan Mata kering Dan Perih? Keadaan Tersebut Tentunya Akan Sangat Mengganggu Kenyamanan Mata Anda Bukan? Lalu Apa Penyebab Dan Bagaimana Cara Mengatasinya? Simak Artikel Ini Hingga Tuntas Untuk Mengetahui Penyebab Mata Kering Dan Cara Mengatasinya

Sekilas Tentang Mata Kering Dan Perih

Mata kering merupakan suatu kondisi dimana mata mengalami kekurangan cairan akibat air mata yang mudah menguap atau produksi air mata terlalu sedikit. Air mata berfungsi sebagai pelembab mata yang dikombinasikan dengan minyak, pelumas, protein khusus mata, dan perlawanan infeksi. Keseluruhan komponen ini diproduksi dari kelenjar khusus dalam mata. Mata kering tentunya akan sangat mengganggu aktifitas keseharian penderitanya karena mata terasa tidak nyaman. Kondisi mata kering dalam istilah medis lebih dikenal dengan sebutan Dry Eyes Syndrome, keadaan ini dikatakan sebagai gangguan mata yang sering terjadi pada era sekarang. Mengingat kondisi cuaca serta berbagai faktor lingkungan yang tidak sehat.

Air mata terdiri dari 3 komponen utama :

  • Lapisan luar yang berminyak berupa lapisan lemak yang diproduksi oleh kelenjar meibom di kelopak mata. Komponen lemak ini berfungsi untuk menjaga agar air mata tidak terlalu cepat menguap.
  • Lapisan tengah, yang bersifat cair, yang diproduksi oleh kelenjar lakrimal. Komponen ini merupakan komponen air mata dengan volume terbesar.
  • Lapisan dalam, yang disebut musin, yang diproduksi oleh sel-sel goblet yang terdapat pada lapisan transparan yang menutupi permukaan bola mata yang dikenal dengan nama konjungtiva. Komponen musin ini berfungsi untuk ‘mengikat’ komponen cair air mata dengan permukaan bola mata.

Gejala Yang Ditimbulkan Jika Mata Kering

Ketika air mata tidak bisa melumasi mata dengan baik selain mata menjadi kering dan perih, Anda juga bisa mengalami :

  • Mata terasa sangat perih
  • Sensitivitas terhadap cahaya
  • Sensasi kesat atau berpasir di dalam mata
  • Sensasi panas, menyengat, atau gatal di dalam mata
  • Seperti ada yang menyangkut di dalam mata
  • Mata tampak merah
  • Penglihatan kabur
  • Mata lelah dan berair
  • Lendir di dalam atau di sekitar mata.

Artikel Terkait : Obat Alami Mata Kering Dan Perih

Penyebab Mata Kering Dan Perih

Penyebab mata menjadi kering dan perih sebenarnya beragam dan dapat dipicu oleh beberapa faktor yang diantaranya :

  • Akibat perubahan hormon yang berfungsi merangsang produksi air
  • Mata Kering juga dapat dipicu akibat salah satu proses penuaan, karena kondisi mata kering lebih sering dialami oleh orang lanjut usia
  • Menderita kondisi medis tertentu seperti diabetes, lupus, gangguan tiroid, alergi, dermatitis, kekurangan, dan berbagai penyakit lain
  • Kekurangan asupan Vitamin A juga dapat menjadi pemicu mata kering dan perih
  • Efek samping dari obat-obatan tertentu seperti antihistamin, dekongestan, terapi pengganti hormon, antidepresan, obat-obatan hipertensi, obat jerawat minum, kontrasepsi oral, obat-obatan Parkinson, beta blocker, dan diuretik
  • Faktor lingkungan dan aktivitas seperti lingkungan berasap, berdebu, angin, panas, atau cuaca kering.
  • Akibat dari kosmetik atau alergi kosmetik yang memiliki kandungan tertentu
  • Adanya masalah pada struktur kelopak mata tropi (pembalikan kelopak mata bagian dalam ke luar) dan entropi (kelopak mata luar yang masuk ke dalam).

Penderita mata kering akan mengalami produksi air mata berlebih yang turun mengalir di pipi. Hal ini terjadi ketika mata tidak mendapatkan cukup lubrikasi sehingga mata mengirimkan sinyal darurat melalui sistem saraf untuk meminta lebih banyak pelumas. Sistem saraf mata kemudian menanggapi permintaan darurat ini dengan membanjiri mata dengan air mata untuk mencoba mengimbangi kekeringan yang diderita. Tetapi, air mata darurat ini terbuat hanya dari air dan tidak memiliki kualitas pelicin atau komposisi air mata normal. Air mata palsu ini bisa membilas kotoran, namun tidak akan melapisi mata dengan baik.

Ketahui ! Cara Ini Dapat Membantu Anda Mengatasi Masalah Mata Kering Dengan Cepat Dan Aman

➧ Menggunakan Obat Tetes Mata

Menggunakan obat tetes mata seringkali menjadi pilihan untuk mengatasi mata kering secara instan. Namun, tidak semua obat tetes mata memiliki fungsi yang demikian. Bagi anda yang mengalami mata kering, bisa meneteskan tidak lebih dari 6 tetes dalam sehari. Dosis tersebut sudah umum dan wajib ditaati karena kandungan obat tetes mata sesungguhnya adalah untuk mengatasi infeksi atau kondisi mata yang mengalami gangguan cukup serius. Mengatasi mata kering dengan obat tetes mata atau air mata buatan ini akan membantu menghasilkan uap air lebih banyak sehingga permukaan mata tidak kering.

➧ Minum Air Putih Secara Teratur Untuk Menghindari Dehidrasi

Dehidrasi merupakan satu diantara pemicu mata kering. Oleh sebab itu, mencukupi kebutuhan cairan dengan rajin mengkonsumsi air mineral setiap harinya sesuai takaran akan sangat bermanfaat menjaga mata agar selalu lembab. Dengan mengonsumsi lebih banyak air akan menjaga selaput lendir mata agar selalu dalam kondisi lembab.

➧ Mengkonsumsi Makanan Yang Mampu Memberi Nutrisi Pada Mata

Asupan nutrisi sangat penting untuk menjaga mata agar selalu sehat dan terhindar dari kondisi yang merugikan. Mengonsumsi berbagai jenis buah dengan kadar vitamin A yang tinggi akan membantu mengurangi kondisi seperti mata yang kering. Beberapa jenis makanan lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk membantu kesehatan mata adalah sayuran hijau, wortel, kacang-kacangan, serta jenis berry-berryan.

➧ Kompres Mata Dengan Air Hangat

Untuk menghilangkan atau mengatasi mata kering, Anda bisa mengompres bagian mata dengan kompres hangat. Rasa atau sensasi hangat dari kompres tersebut bakal membantu memperlancar aliran darah di sekitar mata dan akan meningkatkan produksi air mata serta menjaga kelembaban mata.

➧ Menggunakan Minyak Kelapa

Untuk mata kering, bisa juga menggunakan minyak kelapa dengan cara mencelupkan kapas bersih ke dalamnya dan kemudian dikompreskan selama 15 menit pada kelopak mata yang tertutup. Kandungan anti-inflamasi di dalamnya sangat tinggi sehingga berguna juga mengurangi risiko ketidaknyamanan yang disebabkan oleh mata kering.

➧ Terapi Menggunakan Air Mawar

Terapi air mawar dilakukan dengan cara mencelupkan mata beberapa saat pada rendaman air mawar. Terapi ini diyakini memiliki efek yang baik untuk mengembalikan kesehatan mata terutama untuk mata yang kering dan lelah. Air mawar berfungsi untuk menghilangkan kotoran mikro yang mungkin menempel pada mata dan membuat mata terasa lebih bersih. Air mawar bisa dibuat sendiri dengan merendam bunga mawar segar dalam air dingin

➧ Kompres Mata Menggunakan Mentimun

Mengompres mata dengan mentimun tidak hanya akan memberikan mata Anda efek menenangkan juga membantu mengobati mata kering.  Caranya dengan memotong mentimun segar menjadi potongan-potongan bulat. Sambil berbaring, tutup mata Anda dan kemudian menempatkan sepotong masing-masing mentimun di atas kedua mata selama sekitar 10 menit.

➧ Mengkonsumsi Obat Yang Terbuat Dari Bahan Alami

Anda juga bisa mengatasi mata kering dan perih dengan mengkonsumsi Obat Alami Mata Kering Dan Perih yang benar-benar terbuat dari bahan alami tanpa campuran bahan kimia. Karena obat yang terbuat dari bahan alami akan menjauhkan anda dari resiko-resiko berbahaya yang tidak diharapkan. Obat Alami juga dapat anda gunakan sebagai perawatan agar mata anda tetap sehat.

Baca juga : Obat Alami Mata Kering Dan Perih


Ingin Tahu Lebih Detail Cara Mengatasi Mata Kering Dan Perih Dengan Obat Alami?

Dapatkan layanan bebas konsultasi untuk mendapatkan informasi serta solusi pengobatan keluhan penyakit anda.

 

best regards,
Ilham Nur Rizki Muharram
Kapsul Gamat Emas Walatra – Penyebab Mata Kering Dan Cara Mengatasinya
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0852 6143 6601 (WhatsApp) – 0821 2818 6997 – (Tlp/SMS) – 5D55CD3A (BBM)

Kata Pencarian :

    obatbherbal kekeringan air mata
CS Walatra

CS Walatra

Kami Adalah Stokis Dari Produk Herbal Berkah Walatra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *