Tips Mengobati Sakit Pinggang Dengan Bahan Alami

Sakit pinggang berkepanjangan? Jangan diabaikan! Atasi dengan segera dengan mengikuti Tips Mengobati Sakit Pinggang Dengan Bahan Alami berikut ini!

Hasil gambar untuk sakit pinggang


Sekilas Tentang Sakit Pinggang


Kapsulgamatemaswalatra.com – Sakit pinggang atau lumbago adalah nyeri yang dirasakan di sekitar tulang lumbar, di antara cakram, jaringan, otot, dan saraf tulang punggung hingga organ tubuh sekitar panggul dan perut. Kondisi ini dialami oleh 80% diantaranya orang dewasa berusia 30 hingga 50 tahun dengan intensitas nyeri ringan hingga berat. Sebagian besar penderita mengalami sakit pinggang dikarenakan alasan mekanis seperti gaya hidup yang menuntut mereka duduk untuk waktu yang lama tanpa diseimbangi dengan olahraga yan cukup, sering mengangkat barang berat, atau mengalami kecelakaan yang menyebabkan cedera pada pinggang dan sekitarnya. Terdapat 3 tahap sakit pinggang, yaitu sakit pinggang akut yang umumnya dirasakan selama beberapa hari, sakit pinggang sub-akut selama 4 hingga 12 minggu, dan sakit pinggang kronis yang dapat melebihi waktu 2 minggu. Lamanya rasa sakit ditentukan dengan intensitas cedera atau penyebabnya.

Apa Saja Gejala Sakit Pinggang?

  • Nyeri di daerah pinggang
  • Rasa tidak nyaman pada pinggang
  • Tonjolan tulang (akibat patah tulang)
  • Bengkak pada area yang mengalami nyeri
  • Kesulitan berjalan atau beraktivitas
  • Pergerakan menjadi terbatas
  • Mati rasa
  • Sensasi kesemutan

Apa Yang Menjadi Penyebab Sakit Pinggang?

Penyebab sakit pinggang dibagi menjadi dua, yaitu mekanis dan medis. Penyebab mekanis dipicu oleh pengikisan struktur dan daya tahan pinggang yang meliputi sendi, cakram, otot, saraf, dan tulang dengan usia sebagai faktor utama. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang termasuk dalam penyebab mekanis :

Hasil gambar untuk penyebab sakit pinggang

  1. Keseleo. Cedera yang mengakibatkan tekanan pada tendon atau otot seperti saat terpeleset, salah posisi duduk, mengangkat beban berat, atau meregangkan otot berlebih. Dalam kondisi parah, ligamen bisa mengalami perobekan.
  2. Pengikisan cakram tulang belakang. Penurunan kekuatan cakram tulang belakang dalam menahan beban, menunduk, dan aktivitas lainnya.
  3. Perubahan struktur tulang. Kondisi ini umumnya terjadi saat usia mulai senja dan mengakibatkan postur tubuh menjadi buruk. Scoliosis, kyphosis, dan lordosis adalah beberapa contoh pemicu perubahan struktur tulang.
  4. Cedera cakram tulang belakang. Perobekan atau penyelipan cakram saat penderita jatuh atau terpelintir. Dalam situasi tertentu, cakram dapat menekan saraf tulang belakang, hingga menimbulkan rasa sakit seperti tertusuk atau terbakar pada bagian pinggang hingga kaki.
  5. Radikulopati. Inflamasi atau penekanan pada saraf tulang belakang yang terjadi saat cakram yang terselip menekan saraf tulang belakang secara berlebih. Bagian tubuh yang dipersarafi oleh saraf yang tertekan akan mengalami rasa sakit, kesemutan hingga mati rasa.
  6. Stenosis spinal. Penekanan pada saraf sumsum tulang dikarenakan penyempitan pada saluran saraf di tulang belakang, mengakibatkan penderita merasa sakit seperti kram, lemas, atau mati rasa, khususnya saat berdiri atau berjalan.
  7. Spondylolisthesis. Salah satu atau beberapa ruas tulang belakang bergeser dan menekan saraf tulang belakang.

Kondisi medis tertentu juga dapat memicu sakit pinggang seperti batu ginjal, osteoporosis, fibromyalgia, penyebaran kanker dari organ tubuh lainnya, tumor, anuerisma aorta, hingga endometriosis. Selain umur, faktor genetik, gaya hidup sedentari, minim aktivitas fisik, berat badan berlebih, kondisi mental, pekerjaan, dan kehamilan dapat meningkatkan seseorang mengalami sakit pinggang. Dalam beberapa kasus sakit pinggang, penyebabnya mungkin tidak bisa diketahui secara langsung. Ada juga beberapa gejala yang terasa seperti sakit pinggang namun mengidentifikasi penyakit lain.


Tips Mengobati Sakit Pinggang Dengan Bahan Alami


1.) Kunyit

Hasil gambar untuk kunyit

Rempah-rempah yang dikenal sebagai bahan masakan dan jamu ini ternyata memiliki manfaat meredakan masalah persendian termasuk sakit pinggang, peradangan, dan sakit maag. Meski disebutkan masih membutuhkan penelitian lengkap, namun beberapa ahli meyakini bahwa kandungan kurkuminnya yang bersifat anti-inflamasi bisa meringankan sakit pinggang. Maka tidak heran jika kunyit dinilai sebagai obat sakit pinggang paling alami yang mudah diolah sendiri di rumah.

Secara umum, kunyit juga dinilai aman dikonsumsi. Tetapi perlu juga Anda perhatikan bahwa mengkonsumsi kunyit dengan dosis yang tinggi atau dalam jangka panjang dapat berisiko memicu gangguan pencernaan. Selain itu, orang-orang yang memiliki masalah dengan kantong empedu disarankan untuk menghindari konsumsi kunyit.

2.) Minyak Eucalyptus

Hasil gambar untuk Minyak Eucalyptus

Sebagian besar orang mengenal eucalyptus sebagai obat untuk mengatasi flu dan batuk. Namun ternyata tanaman ini dapat membantu mengatasi masalah sakit pinggang dan punggung secara alami. Caranya, Anda cukup mengoleskan atau menggosokkan minyak dari daun eucalyptus pada bagian yang terasa sakit. Minyak ini akan memberikan sensasi dingin pada kulit. Kandungan zat tanin di dalamnya akan bereaksi mengurangi rasa sakit pada bagian yang mengalami pembengkakan atau peradangan.

3.) Jahe Merah

Hasil gambar untuk jahe merah

Jahe merah mengandung gingerol, zingeron, dan shogaol dengan kadar yang tinggi. Zat-zat tersebut dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri karena memiliki sifat anti-inflamasi. Untuk mengurangi rasa sakit pada pinggang, cukup rebus beberapa gram jahe merah. Sebagai variasi, kamu juga bisa mencampurkan tanaman lain seperti temu hitam, akar sawit langit, atau daun dewa. Setelah direbus dalam 600 cc air putih sampai mendidih, saring dan minumlah air rebusannya selagi hangat. Saat diminum, jahe jenis ini juga dapat memberikan efek hangat pada tubuh yang akan membuat Anda rileks.

4.) Kumis Kucing

Hasil gambar untuk kumis kucing

Sejak dulu, masyarakat Indonesia percaya bahwa tanaman kumis kucing mampu menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan ginjal dan kandung kemih. Tanaman ini juga bisa mengurangi rasa nyeri dari sakit pinggang. Keampuhan kumis kucing dikaitkan dengan tingginya kandungan senyawa dengan dampak efek baik terhadap tubuh. Diantaranya adalah genkosid orthosifonin, asam lemak, minyak atsiri, minyak nabati, saponin, dan garam kalium. Untuk mengobati sakit pinggang, cukup rebus beberapa lembar daun kumis kucing dalam air sebanyak 150 ml dengan api kecil, biarkan hingga mendidih. Setelah mendidih, angkat kemudian saring untuk memisahkan sari dari ramuannya. Ramuan ini dapat dikonsumsi secara rutin sebanyak satu kali sehari.

Catatan : Ramuan ini sebaiknya dihindari oleh penderita gagal ginjal dan gagal jantung karena berisiko menyebabkan edema. Ramuan ini juga lebih baik tidak dikonsumsi dalam jangka panjang.

5.) Jahe

Hasil gambar untuk jahe

Tak hanya jahe merah, jahe merupakan salah satu bahan herbal alami yang sangat populer. Tanaman yang satu ini mampu meredakan rasa mual dan meningkatkan nafsu makan bagi orang yang mengalami gangguan pencernaan. Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, ekstrak jahe juga dipercaya dapat membantu mengobati sakit pinggang. Hal ini karena jahe mengandung fitokimia, yaitu salah satu senyawa yang dapat membantu mengurangi peradangan pada oto dan sendi.

Baca juga : Obat Alami Nyeri Pinggang

6.) Bawang Putih

Hasil gambar untuk bawang putih

Selain dikenal sebagai bahan dapur yang dapat menyuburkan rambut dan menghilangkan jerawat, bawang putih juga dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit pinggang alami. Cara mengolahnya pun tidak sulit, Anda hanya perlu menyiapkan 120 gr jahe merah, 150 gr bawang putih dan bubuk cabai secukupnya. Rendam semua bahan yang sudah disiapkan kedalam alkohol 75% selama 14 hari. Setelah itu, Anda cukup mengoleskan air rendaman tersebut pada bagian yang sakit. Lakukan cara ini setiap hari sekali.

7.) Kulit Pohon Gandarusa

Hasil gambar untuk kulit kayu manis

sebuah penelitian mengemukakan bahwa kulit pohon gandarusa (willow bark) memiliki manfaat mengurangi sakit pinggang atau punggung bagian bawah. Tanaman yang juga sering disebut dengan dedalu ini mengandung senyawa salisin yang memiliki efek menyerupai aspirin. Kulit pohon gandarusa mampu meredakan berbagai rasa nyeri, mulai dari sakit kepala, kram otot, hingga rematik. Mengkonsumsi air rebusan pohon gandarusa sebanyak 120-240 mg sehari dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada pinggang.


Ingin tahu solusi Obat Alami Sakit Pinggang yang ampuh, efektif, dan tidak menimbulkan efek samping?


Selain dengan melakukan Tips Mengobati Sakit Pinggang Dengan Bahan Alami diatas Anda juga dapat melakukan pencegahan, perawatan, dan pengobatan dengan penggunaan obat alami. Apa alasannya? Karena produk obat yang terbuat dari bahan-bahan alami tanpa campuran bahan kimia akan lebih aman untuk dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping. Kami rekomendasikan agar Anda mempertimbangkan dan melakukan pengobatan sakit pinggang dengan Obat Alami Sakit Pinggang yang sudah lama dipercaya dan terbukti sangat efektif mengatasi segala macam penyakit termasuk sakit pinggang dengan 100% ALAMI, AMAN, dan TIDAK MENIMBULKAN EFEK SAMPING serta dapat digunakan oleh segala usia dari anak-anak hingga lansia. Pengobatan sakit pinggang dengan Obat Alami Sakit Pinggang merupakan solusi paling tepat karena obat alami ini sudah sangat terjamin kualitasnya dan telah terdaftar di BPOM RI jadi Anda tidak perlu mengkhawatirkan keamanan obat alami ini. Untuk informasi Obat Alami Sakit Pinggang lebih lengkap >>>>

Atau pesan langsung Obat Alami Sakit Pinggang :

Dapatkan layanan bebas konsultasi untuk mendapatkan informasi serta solusi pengobatan keluhan penyakit anda.

best regards,
Ilham Nur Rizki Muharram
Kapsul Gamat Emas Walatra
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0821 2818 6997 (Tlp/SMS) – 5D55CD3A (BBM)

CS Walatra

CS Walatra

Kami Adalah Stokis Dari Produk Herbal Berkah Walatra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *